Friday, February 25, 2011

Mereka yang Penuh Pengorbanan...

Malem ini gue nulis Kata Pengantar untuk laporan Tugas Akhir gue sebagai mahasiswa Diploma 3. Tiba-tiba gue ngerasa sedih banget waktu gue nulis bagian "thanks to" buat keluarga gue. Gue jadi inget masa lalu gue. Sejarah perjuangan keras mereka demi pendidikan gue. Kakak pertama gue cuma sekolah sampai SMA di sebuah SMA 'butut'. Kakak kedua gue kuliah D1 di lembaga pendidikan yang sekarang bahkan hampir bangkrut saking udah kurang peminatnya. Kakak ketiga gue kuliah D3 di lembaga pendidikan yang biasa aja. Gue?

Alhamdulillah Tuhan sangat berbaik hati ngobatin ketidakpuasan gue masuk SMA yang sama sekali ga gue suka. Ya, Tuhan ngasih gue kesempatan masuk salah satu Universitas Favorit di Indonesia. Hari minggu kurang lebih 2,5 taun lalu gue tau lewat SMS kalo gue diterima masuk universitas itu dengan jurusan yang memang gue suka, Bahasa Inggris. Gue seneng bukan main tapi di satu sisi gue bingung. Dengan kondisi keuangan keluarga gue yang seadanya apa bisa gue bayar biaya masuk universitas itu? Sumpah demi apa pun gue pengen banget masuk universitas itu tapi sedikitpun gue engga tega ngerengek ke mama sama papa buat masukin gue ke universitas itu. Gue bilang sama papa kalo gue mau di masukin ke kampus mana aja. Kampus yang sama kaya kakak ketiga gue juga engga apa-apa. Toh biayanya engga sebesar di universitas yang gue mau.

Belum sempat daftar ke kampus lain, entah dari mana, papa yang sebenernya engga punya pekerjaan lagi semenjak aa amry sama aa candra minta papa berhenti kerja demi balas jasa mereka sama orang tua, akhirnya punya uang untuk bayar biaya kuliah gue di universitas itu. Gue tau papa pasti kerja keras untuk dapetin uang itu. Akhirnya mama sama papa nganter gue untuk daftar ulang di universitas itu. Mereka juga yang ngebantu gue nyari keperluan ospek gue. Nganter gue pake mobil ke Jatinangor pagi-pagi buta supaya engga dateng terlambat buat ngikutin kegiatan ospek. Bahkan papa pernah nganter gue pake motor. Di situ gue nangis. Gue udah mahasiswa tapi papa masih harus ngurusin gue. Kedinginan, subuh-subuh nganter gue pake motor. Gue seneng punya keluarga yang sayang banget sama gue.

Kakak pertama gue udah ngebeliin gue netbook => laptop buat kemudahan gue kuliah. Dia kakak yang paling ngerti apa yang adiknya butuhin. Kadang dia juga ngasih gue pelajaran-pelajaran singkat tentang kemampuan bahasa Inggris gue. Ya, dia udah jago banget bahasa Inggrisnya.

Biaya kuliah gue selama di universitas ditanggung sama kakak kedua gue yang kerja di kapal pesiar juga, sama kaya kakak pertama gue. Dia juga yang engga pernah pelit ngasih uang setiap gue bilang "aa, eni mau beli buku buat bahan kuliah."

Kakak ketiga gue yang bahasa inggrisnya oon banget sering minta gue nerjemahin kata-kata bahkan kalimat. Tapi justru dengan cara itu juga dia 'maksa' gue ngebuka kamus. Nambah perbendaharaan kata gue juga.

Gue engga akan ada di sini tanpa 5 orang paling penting dalam hidup gue itu. Gue engga boleh ngecewain mereka semua yang udah berjasa besar buat pendidikan gue. Kakak lelaki gue yang punya pendidikan paling rendah sekarang bisa dapet pekerjaan yang ngasih dia hampir 20 juta per bulan. Kakak ke dua gue belasan juta per bulan. Kakak ketiga gue baru mau mulai karirnya di sebuah bank lokal yang bahkan buat masuk jadi pegawai di sana itu susah banget. Apa gue yang pendidikannya paling tinggi dari mereka bakalan ngecewain mereka? ENGGA.. Demi mereka. Demi keluarga gue, gue bakalan berusaha jadi yang terbaik! Semua pengorbanan kalian engga akan jadi kosong!

Terima kasih Mama, Papa, A Amry, A Candra, Teh Wiwi. Sayang kalian semua...

No comments:

Post a Comment